Probiotik EM4 Solusi Atasi Stres Sapi

0
117
Peserta pelatihan pertanian organik dengan teknologi EM dari Bank SulutGo saat melihat ternak sapi di Bokashi Farm, Jalan Waribang, Kesiman Denpasar Timur.

Ternak sapi memiliki arti penting di dalam kehidupan masyarakat. Keberhasilan dalam pemeliharaan sapi potong dapat dicapai melalui tiga hal penting, yaitu pemilihan bakalan dari genetik yang baik dan sehat, manajemen pemeliharaan, dan pemberian nutrisi yang seimbang dengan suplementasi feed additive probiotik.

Penanganan awal kedatangan sapi sangat penting, yang dapat menyebabkan sapi mengalami stres. Penyebab umum stres pada ternak diantaranya karena panas, dehidrasi, pemberian makanan terlalu banyak atau tidak memberi cukup makan dan pergantian lingkungan.

“Jika sapi terpapar suhu ekstrem, maka itu akan membuat mereka tidak nyaman, yang menyebabkan tingkat stres meningkat lebih cepat,” ungkap Kepala Bokashi Farm, Koentjoro Adijanto saat menerima kunjungan peserta Bank SulutGo yang sedang mengikuti pelatihan teknologi EM saat melihat ternak sapi di Bokashi Farm belum lama ini.

Menurutnya, hal tersebut berpengaruh terhadap keseimbangan mikroba rumen menjadi tidak kondusif. Kondisi ini bisa mengakibatkan penurunan nafsu makan, ternak tidak sehat, mencret, bahkan sebagian ternak akan kurang optimal pertumbuhannya selama masa penggemukan.

“Salah satu cara efektif yang dapat membantu ternak terbebas dari stres adalah dengan pemberian suplemen feed additive Effektife Mikroorganisme 4 (EM4) peternakan,” tegasnya. Probiotik EM4 merangsang peningkatan kerja mikroorganisme yang menguntungkan dalam usus dan juga meningkatkan kemampuan penyerapan makanan.

Peningkatan mikroorganisme yang menguntungkan dapat mencegah kolonisasi bakteri patogen pada usus. Kemudian meningkatkan kesehatan dan stamina sapi, sehingga lebih tahan terhadap stres dan penyakit lainnya. “Pilih EM4 Yang Sudah Pasti,”tegasnya. https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini