Mengenal Teknologi EM

0
161
Direktur Utama PT Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Nghurah Wididana, M.Agr. menunjukkan produk EM4 yang diaplikasikan pada bidang pertanian, perternakan, perikanan dan pengolahan limbah.

Oleh: Dr. Wididana)*

Teknologi Effective Microorganisms (EM) yang ditemukan oleh Dr. Teruo Higa, dengan nama produknya EM.1 dan EM.4 menjadi semakin dikenal di kalangan masyarakat petani, peternak, petambak dan pemerhati lingkungan.

EM mengandung bakteri fotosintetik, lactobacillus, ragi, yang berfungsi untuk memfermentasi bahan organik dan menyintesa produk fermentasi tersebut menjadi nutrisi bagi tanaman.

Penguraian bahan organik berupa limbah ternak dan limbah organik dapat mengurangi polusi bau. Khususnya penggunaan EM untuk tambak atau budidaya ikan, udang, EM sangat bermanfaat untuk mengurangi polusi bau dari bahan organik sisa makanan dari ikan dan udang.

Polusi bau pada perairan ikan dan udang dapat mengundang berbagai penyakit virus yang menyerang ikan dan udang. Pengurangan polusi bau tersebut juga bermanfaat untuk mengolah limbah organik sampah dan limbah organik air kotor, sungai, danau dan juga laut.

Polusi bau bisa berkurang dalam penguraian bahan organik, karena zat bau yang dihasilkan dari proses pembusukan oleh aktivitas mikroorganisme pembusuk tersebut dimanfaatkan oleh bakteri fotosintetik sebagai sumber energinya.

Kombinasi mikroorganisme dari bakteri fotosintetik, ragi dan lactobacillus saling mendukung untuk menghilangkan bau busuk di dalam limbah organik, dan untuk mempercepat proses fermentasi bahan organik.

Di sinilah keunggulan Teknologi EM untuk menyelesaikan masalah daur ulang limbah organik, penyediaan pupuk organik dan menjaga produktivitas tanah dan tanaman agar tetap tinggi dengan biaya yang murah.https://linktr.ee/em4

)* Dirut PT Songgolangit Persada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini