Belajar Dari Pengalaman Orang

0
163

Oleh: Dr. Wididana)*

Dalam pergaulan saya yang cukup luas, bertemu dengan berbagai lapisan masyarakat, saya mengamati kesehatan atau kebugaran yang berbeda-beda pada setiap orang. Orang yang muda di bawah 50 tahun tampak masih segar dan berenergi, sedangkan orang yang sudah menua di atas umur 50 tahun tampak sudah mulai melemah.

Walaupun ada juga orang yang masih muda sudah melemah, banyak penyakitnya, dan ada juga orang tang sudah tua justru masih segar dan sehat. Mengapa hal itu bisa terjadi? Melalui pengamatan dan wawancara, pada berbagai acara reuni untuk SMP, SMA jaman dahulu (jadul), yang sekarang sudah jadi kanegul (kakek nenek gaul), saya menemukan jawabannya, mengapa mereka tetap sehat dan berenergi di masa tuanya.

Jawabannya adalah, karena mereka:

1. Berpikir positif dan percaya diri.

2. Hidup sehat, disiplin untuk gaya hidup sehat, makan/minum sehat, tidak berlebih, rajin berolah raga, tidur cukup, relaks, dan menikmati hidup.

3. Bekerja keras saat muda, memiliki penghasilan cukup, bisa dinikmati saat menua sebagai passive income.

4. Memiliki pola pikir tumbuh, terus belajar dan meningkatkan potensi diri.

5. Bergaul luas, memiliki empati, suka menolong dan berbagi.

6. Membuka diri dan berkomunikasi dengan teman lama, belajar dari generasi muda, dan suka berbagi pengalaman hidup kepada generasi muda jika diminta.

7. Terus disiplin dalam menjaga dan merawat kesehatan.

8. Memiliki keyakinan spiritual yang kuat untuk kekuatan dirinya.

9. Sabar dan ikhlas menjalani hidup, melepas beban hidip yang tidak perlu.

10. Memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain, tidak terikat pada kesalahan masa lalu, terus maju melangkah penuh optimis.

Mereka hidup sehat dan bahagia dari hasil investasi hidupnya yang cukup panjang. Mereka yang sakit dan sudah mendahului, pastilah menjawab hal yang berlawanan dari sepuluh daftar pertanyaan saya tersebut. Saya banyak belajar dari pengalaman mereka. (Dari Reuni Spenza SMPN 1 Singaraja, angkatan 71).linktr.ee/pakolescom

Dirut PT Karya Pak Oles Grup)*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini