Dr. Wididana: The Power of Action, Keyakinan adalah Modal Berusaha

0
167
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr, Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup.

Apa bukti dari keyakinan?, tanya seorang murid kepada Guru Budha. Melangkah maju, Jawab Guru Budha. Merefleksikan kata itu saya terinspirasi, bahwa keyakinan pada suatu tujuan, pekerjaan atau cita-cita, dibuktikan dengan melangkah maju, kerja nyata, atau dalam bahasa kekinian disebut dengan tak action, do it now, atau the power of now.

Dr. Wididana, yang akrab dikenal dengan Pak Oles mengatakan, bahwa orang yang yakin pastilah bekerja untuk mewujudkan tujuan, bukan ngomong saja, atau diskusi saja, atau rapat-rapat saja.

Dr. Wididana melanjutkan, memang ngomong, diskusi atau rapat juga penting untuk mencari dan mencerna informasi, tapi, kerjakan sekarang itu jauh lebih penting. Lebih baik bekerja walau salah atau gagal, dan bekerja lagi untuk memperbaiki kegagalan dan secara bertahap berhasil, daripada ngomong-ngomong saja.

Begitulah kira-kira hasil refleksi Dr. Wididana dari arti keyakinan terhadap jawaban dari Guru Budha, yaitu melangkah maju. Lantas, apa ciri dari ketidak-yakinan? Ragu-ragu, bingung, atau melangkah mundur. Ada satu suku Afrika, yang memiliki cara unik untuk merebut mangsa hasil buruan dari singa, misalnya seekor kijang yang sudah siap disantap oleh singa.

Dengan yakinnya orang-orang tersebut maju mendekati singa walau hanya bermodal sebatang tongkat kayu, sambil menghardik, memelototi singa, dan mengayun-ayunkan kayu. Sekelompok singa itu mundur ketakutan dan merelakan hasil buruannya direbut oleh orang tersebut.

Begitulah contoh nyata dari kekuatan keyakinan, yang bisa mengalahkan keraguan. Yakin adalah kekuatan pikiran, yang bekerja untuk meningkatkan getaran atau vibrasi seluruh (trilyunan sel tubuh) untuk bertindak, melangkah maju, mewujudkan tujuan. Keyakinan dimulai dari dalam diri, melalui latihan, refleksi (perenungan), membaca, belajar dan praktik langsung.

Jika anda memulai atau melanjutkan bisnis atau usaha apapun, maka keyakinan akan tujuan harus ada. Keyakinan itu terus dihidupkan dan dipelihara, dilatih dan dipraktikkan, sampai menjadi karakter dan gaya hidup, dengan bekerja nyata, melangkah maju. Tanpa keyakinan, maka anda akan lemah dan bersiap-siaplah gagal atau menyerah kalah, tutur Pak Oles.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini