Seorang remaja putri sedang menikmati teh herbal Bokashi Jahe Merah saat melakukan terapi pijat di Usada Pak Oles.

Jahe merupakan tanaman rempah yang mengandung banyak mineral dan vitamin. Jahe dipercaya memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghangatkan tubuh dan menambah nafsu makan sehingga tubuh tetap prima dalam menekuni aktivitas keseharian.

Selain itu, Jahe merah juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan, atau sebagai obat mengatasi sembelit/buang air besar, mencegah dan mengobati masuk angin, meringankan antirematik, mengatasi radang tenggorokan, nyeri otot, alergi, nyeri lambung, sakit pinggang, pusing, amandel dan mengobati asma.

Dikutip dari berbagai journal, adapun manfaat lain dengan rutin mengkonsumsi jahe merah untuk kesehatan ialah anti penuaan dan anti kanker. Manfaat jahe terjadi berkat sifat antiinflamasi dan antioksidatif yang bekerja dengan mengendalikan proses penuaan. Selain itu, terdapat pula zat antimikroba yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan berbahaya seperti kanker.

Dengan rutin mengonsumsi air rebusan jahe ternyata juga efektif untuk membantu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Bahkan, khasiat dari tanaman herbal ini tak berbeda jauh dengan ibuprofen dan asam mefenamat. (obat untuk untuk meredakan nyeri dan menurunkan deman).

Studi dalam BMC Complementary Medicine and Therapies menyebutkan, cara kerja jahe dalam mengatasi nyeri saat menstruasi adalah menghambat jalur siklooksigenase dan lipooksigenase dalam sintesis prostaglandin dan leukotrien.

Selain itu, sifat antiinflamasi yang terdapat dalam tanaman herbal memiliki kaitan dengan penghambatan sintesis prostaglandin. Proses tersebut menjadi mekanisme efek jahe dalam meredakan nyeri menstruasi pada wanita.

Dengan rutin mengkonsumsi jahe merah juga dapat memperkuat sistem imun tubuh. Manfaat jahe untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh terjadi berkat kandungan vitamin C dan magnesium. Kedua kandungan ini bekerja dengan membantu memperkuat sistem imunitas tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung zingeron, shogaol, dan gingerol yang berfungsi sebagai antioksidan.

Studi dalam International Journal of Preventive Medicine menyebutkan, dalam budaya kuno, jahe bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa dalam rempah ini efektif menghambat biosintesis prostaglandin dan leukotrien.

Untuk mendapatkan khasiat jahe merah, kini masyarakat luas tidak perlu lagi repot-repot mencari dan mengolah jahe merah untuk mengobati berbagai jenis keluhan penyakit, karena Industri Obat Tradisional (IOT) PT Karya Pak Oles Tokcer sudah berhasil memproduksi Teh Herbal Jahe Merah dalam kemasan siap saji, dapat diperoleh dengan harga terjangkau di konter-konter Pak Oles yang tersebar di berbagai tempat dan melalui toko online.

Teh dengan citarasa khas dalam kemasan siap saji itu, tinggal menyetuh dengan air panas, dapat ditambah dengan sedikit gula atau madu sesuai selera lalu dinikmati.

Teh herbal Bukit Hexon jahe merah merupakan salah satu dari 15 varian teh herbal produksi IOT PT KPOT yang sudah dimanfaatkan masyarakat luas untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh dengan baik.

Rimpang jahe merah mengandung senyawa-senyawa kimia serta serat-serat resin dalam jumlah sedikit. Kandungan minyak atsiri jahe merah sekitar 2,58-2,72 % dihitung berdasarkan berat kering umumnya berwarna kuning sedikit kental dan merupakan senyawa yang memberikan aroma khas pada jahe.

Besarnya kandungan minyak atsiri dipengaruhi oleh umur tanaman, yakni semakin tua umur jahe tersebut maka semakin tinggi kandungan minyak atsirinya.linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini