Mawardi Sukses Ternakkan Kambing Berkat EM4

0
133
Seorang pekerja sedang memberi pakan pada kambing milik Mawardi yang dikembangkan dengan sentuhan EM4.

Mawardi, sosok pria enerjik dinilai sukses mengembangkan peternakan kambing dengan sentuhan Effective Microorganisms 4 (EM4) peternakan, karena ternak peliharaannya tumbuh sehat, pertambahan berat badan lumayan karena nafsu makannya besar.

“Ternak Kambing peliharaan umumnya gemuk, sehat dan tumbuh subur karena makannya rakus, berkat hijauan makanan ternak sebelumnya disemprot dengan EM4 peternakan yang dicampur dengan air,” kata Mawardi pemilik usaha penyedia daging aqiqah dan rental mobil berlabel “Marwah” di jalan. H.M. Nalim Rt.01/08 No. 29 Srengseng Sawah-Jagakarsa Jakarta Selatan.

Ia mengatakan, EM4 peternakan produksi PT Songgolangit Persada telah digunakan untuk memelihara ternak kambing dengan hasil yang sangat memuaskan, yakni kambing peliharaannya sehat, tidak mudah sakit dan selalu mempunyai nafsu makan yang besar.

“Saya sudah lama mengenal dan menerapkan EM4 peternakan untuk mendukung usaha ternak kambing yang banyak memberikan keuntungan, terutama limbah dan kotoran kambing tidak menimbulklan bau,” tutur Mawardi yang juga seorang guru pendidikan formal.

Ia kemudian mempromosikan dan memperkenalkan EM4 kepada sepuluh orang rekan bisnisnya dan sesama peternak hewan belajar secara intensif selama 45 hari tentang EM4 peternakan di usaha peternakan “Marwah” di jalan. H.M. Nalim Rt.01/08 No. 29 Srengseng Sawah-Jagakarsa JakSe.

Mereka belajar tentang pengenalan EM4, membuat EM jamu ternak, EM Bokashi untuk pakan campuran, EM Bokashi Pupuk kandang, Pengolahan limbah organik cair dan padat serta penerapan EM4 pada tanaman.

Latihan tersebut memberikan manfaat dalam memajukan usaha peternakan kambing, lingkungan yang lestari terhindar dari pencemaran dan mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat sekitarnya, ujar Mawardi.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini