Seorang pekerja sedang menyemprot ternak ayam broiler menggunakan EM4 di peternakan Sumayasa Farm Tabanan-Bali.

Bau yang menyengat pada kandang usaha peternakan ayam skala sedang dan besar sangat menggangu kesehatan bagi pekerja dan masyarakat sekitar lokasi unit usaha peternakan tersebut.

“Kandungan gas amonia (NH3) yang terlalu tinggi sebagai penyebab kandang ayam yang bau, solusi menekan pencemaran amonia yang ramah dan aman bagi ternak dan masyarakat lingkungan adalah menggunakan Effective Microorganisms 4 (EM4) peternakan,” kata Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok.

Ia mengatakan, EM4 peternakan, salah satu dari empat jenis pupuk hayati produksi PT Songgolangit Persada sangat tepat untuk mengatasi bau yang kurang sedap dan mendukung pengembangan usaha peternakan.

Pak Yoyok menilai, EM4 peternakan memiliki kelebihan dan keunggulan, yakni saat menyemprotkan EM4 yang telah dicampur dengan air, kandang yang penuh dengan ayam tidak usaha dikosongkan, karena EM4 adalah ramah lingkungan tidak mengandung racun.
Pemanfaatan probiotik EM4 dapat menahan aktivitas mikroba pengurai protein pada fases dan liter sehingga menyebabkan kadar amonia menurun.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan probiotik EM4 peternakan sangat efektif untuk mengurangi tingkat pembentukan amonia oleh bakteri anaerob pada kotoran ayam. EM4 pelopor probiotik untuk peternakan, tutur Pak Yoyok.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini