Teknologi EM Solusi Bikin Pupuk Bokashi Murah Dan Cepat

0
152
Pekerja sedang membuat pupuk organik bokashi menggunakan EM4 di TPS Bhuana Asri Desa Selat, Klungkung.

Dengan teknologi Effective Mieroorganisme 4 (EM4) manusia dapat membuat pupuk bahan organik kaya akan sumber hidup (Bokashi) dalam jumlah besar yang murah dan cepat, sehingga dapat mempercepat revitalisasi kesuburan lahan sawah.

Pengalaman telah membuktikan pemupukan dengan bokashi 10 ton perhektar, pasca tiga kali panen padi, pematang sawah harus dinaikkan karena di lahan olahan tanahnya mengembang dan gembur.

“Kandungan bahan organik dan rongga udara tanah meningkat sekitar 50 persen dari volume total tanah. Volume sebesar 50 persen itulah sebagai ruang udara dan ruang air,” kata Staf Ahli PT Songgolangit Persada, Ir.I Gusti Ketut Riksa.

Mantan kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangli itu menjelaskan, akar tanaman beserta biota tanah bisa bernafas dan hidup lebih baik dan tanah menjadi lebih banyak bisa memegang air.

“Semakin banyak tersedia bahan organik untuk didekomposisi biota tanah, semakin banyak pula kandungan nutrisi tanah dan tanah menjadi kuat dan mengandung air,” ujar Gusti Riksa yang juga instruktur Institut Pengembangan Sumberdaya Alam (IPSA) Bali.

Petani penggarap dan pengontrak dapat membuat pupuk ramah lingkungan dalam jumlah besar untuk memperbaiki kesuburan lahan dalam waktu yang terbatas, karena melestarikan kesuburan lahan sawah harus dilakukan secara berkesinambungan.

Dengan dosis bokashi yang lebih sedikit, namun revitalisasi lebih lanjut menjadi tanggung  jawab moral para petani pemilik lahan, dan tidak ada manfaatnya mendalilkan pada pihak lain untuk menghadapi kemunduran pertanian di Bali.

Gusti Ketut Riksa menegaskan, pemupukan bahan organik kaya akan sumber hidup (Bokashi) dapat meningkatkan kandungan bahan organik, menambah jumlah dan jenis mikroba dalam tanah. Semua persyaratan untuk hidup sehat dengan menggunakan pupuk bokashi akan menjadikan alam semesta terus mengalami revitalisasi.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini