Modal Rp3.000, Trik Bikin Pakan Lele Cepat Gemuk

0
128
Proses membuat pakan lele yang mudah, murah dan bermanfaat dengan probiotik EM4.

Dalam membuat pakan lele yang mudah, murah dan bermanfaat, terdapat tiga bahan dapur yang dipakai, yakni ikan rucah (semacam teri) kering, tepung tapioka, dan penyedap rasa.Untuk takaran sekali makan, hanya memakai 50 gram dedak seharga Rp150.

Lalu ada ikan rucah kering seharga Rp3.000 per kilogram. Namun untuk takaran ini, hanya memakai 20 gram dengan harga sekitar Rp100. Selain itu, juga memakai sedikit tepung tapioka, kaldu bubuk, molase, dan probiotik Effektive Microorganisme 4 (EM4) Perikanan dan Tambak dengan takaran sangat sedikit. Jika ditotal, campuran bahan ini hanya membutuhkan biaya Rp. 500. Seperti yang diulas website briliofood.net

Jadi total biaya untuk sekali pakan hanya Rp750. Jika dalam sehari ikan lele diberi makan 3-4 kali, maka modal yang dikeluarkan maksimal Rp3.000. Namun tetap perlu diperhatikan bahwa takaran ini tentu tetap harus menyesuaikan jumlah ikan lele dalam kolam.

Untuk membuat pakan lele tersebut, siapkan wadah dan campur dedak serta ikan rucah kering. Saat hendak dicampur sebagai pakai, sebaiknya giling dulu ikannya lalu jemur beberapa jam. Proses ini akan membuat aroma ikan semakin menyengat dan membuat lele lahap memakan pakannya.

Setelah dicampur, campur EM4 dan molase secukupnya. Lalu aduk-aduk menggunakan tangan sampai pakan agak menggumpal. Jika sudah, tambahkan penyedap rasa dan aduk-aduk kembali. Setelah semua bahan tercampur rata, barulah kemudian masukkan tepung tapioka atau tepung kanji.

Saat menggunakan tepung tapioka, jangan tambahkan dalam kondisi mentah (masih bubuk). Sebaiknya campur dulu tepung dengan air, lalu aduk dan masak sampai kental. Nah, tepung tapioka yang sudah kental inilah yang kemudian dipakai untuk campuran pakan.

“Tujuannya untuk apa? ini untuk pengenyal atau perekat adonan pakan. Ini juga bisa mengenyalkan agar ia (pakan) tidak pudar (saat dimasukkan) di dalam air. Setelah diberi tepung, aduk lagi sampai tekstur adonan jadi kental.

Lalu bungkus dulu dalam plastik dan diamkan semalaman agar pakan terfermentasi. Barulah kemudian masukkan ke dalam kolam untuk pakan ikan. Caranya, kamu bisa menempelkan pakan ini di dinding kolam. Atau bisa juga menyematkan pakannya dalam tali yang ujungnya sudah diikat kayu. Dengan begitu, ikan akan langsung merespons dan lahap mengonsumsi pakan tersebut.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini