Proses pembuatan Pupuk Organik Cair dari sabut kelapa menggunakan bioaktivator EM4.

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat Kelompok 50 Desa Legung Timur menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik cair (POC) dari sabut kelapa di desa legung timur kecamatan Batang-batang, Sumenep.

Siti Erika selaku koordinator kegiatan mengungkapkan, bahwa pelatihan tersebut diadakan sebagai sarana edukasi pada masyarakat tentang pemanfaatan sabut kelapa menjadi pupuk organik cair. “Melalui pengolahan yang tepat, alih-alih hanya dibuang, limbah nantinya dapat memberi manfaat bagi lingkungan, terutama untuk lahan pertanian” jelas Erika seperti yang diulas web portalmadura.com

Saat ini, sabut kelapa hanya di tumpuk kemudian di bakar, padahal limbah sabut kelapa memiliki potensi yang besar apabila dikelola secara baik dan benar, seperti pembuatan POC yang saat ini di praktikkan oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura.

Kondisi inilah yang mendorong Siti Erika bersama Nuril Wahidah mengadakan sosialisasi pembuatan pupuk organik cair dengan tema “Pembutan Pupuk Organik Cair menggunakan limbah sabut kelapa”, dengan tujuan dapat mengurangi limbah sabut kelapa serta dapat dimanfatkan oleh para petani desa lenggung timur sebagai pupuk bagi tanaman.

Masyarakat diajarkan mengenai langkah-langkah yang dilakukan dalam proses pembuatan pupuk organik cair (POC). Bahan utama yang digunakan meliputi sabut kelapa, Effektive Microorganisme 4 (EM4), larutan gula merah, dan air. Jumlah air yang digunakan adalah 40 liter, EM4 sebanyak 20 tutup botol, larutan gula merah sebanyak 8 tutup botol, dan sabut kelapa yang telah di iris seberat 1 kilogram.

Setelah itu, pupuk yang telah dicampurkan didiamkan selama 10 hari sebelum dapat digunakan. Manfaat pupuk organik cair (POC) dari sabut kelapa ini meliputi penguatan batang dan akar tanaman, peningkatan bobot dan isi buah serta biji tanaman, penyempurnaan warna buah atau biji, peningkatan aroma harum pada buah, dan peningkatan rasa manis buah. Cara pengaplikasiannya yaitu 1 liter POC dicampur dengan 10 liter air kemudian di aplikasikan pada sekitar perakaran tanaman.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini