Nazarudin Azis Rasakan Manfaat Bertani Gunakan EM4

0
150

Kini semakin banyak petani di daerah Bengkulu yang telah merasakan dan mengakui manfaat pupuk hayati EM4 (Effektive Microorganisme 4) Pertanian yang dapat menyuburkan tanaman dan menyehatkan tanah.

Provinsi Bengkulu memiliki sejumlah komoditas pertanian unggulan selain padi adalah kopi, kelapa sawit, cangkang sawit, dan manggis. Selain itu, petani yang membudidayakan tanaman jagung juga menerapkan teknologi EM dalam mengembangkan pertanian guna mendapatlkan hasil yang sesuai harapan.

Nazarudin Azis salah satu petani jagung di Desa Kandang Mas, Provinsi Bengkulu tidak memungkiri akan manfaat penggunaan EM4 yang telah ia terapkan di lahan pertaniannya. Menurut sosok petani pekerja keras ini, penerapan EM4 pada komoditi tanaman jagung memiliki banyak keuntungan, selain murah, irit dalam penggunaan, menjadikan lahan kembali subur, dan produksi-pun lebih meningkat.

“Kalau sudah ada buktinya tanaman jagung lebih sehat, subur serta produksi meningkat nantinya masyarakat sekitar akan mengikutinya,” ujar pria yang sering dipanggil Pak Udin saat ditemui tim PT Songgolangit Persada Jakarta yang memproduksi dan memasarkan produk EM4 dalam kunjungan ke Bengkulu.

Nazarudin mengungkapkan, masyarakat khususnya petani di Desa Kandang Mas Provinsi Bengkulu ini, untuk bisa menerima atau menggunakan teknologi baru, harus menunjukan hasil terlebih dahulu. Kalau belum ada hasilnya, para petani enggan menggunakan teknologi tersebut.

“Memang biasanya para petani itu, melihat hasilnya tertebih dahulu, kalau menguntungkan baru mereka mau menggunakannya,” katanya. Meskipun EM4 sudah dikenal oleh petani di Provinsi Bengkulu, namun karena kurangnya lahan percontohan (demplot) jadi hasilnya belum dirasakan dan disaksikan secara langsung oleh petani mereka enggan menggunakannnya.

“Sekarang ini para petani menjadi yakin dengan pertanian organik berteknologi EM, kita yakin produk probiotik ini akan semakin berkembang di Bengkulu ini,” ujarnya begitu semangat kepada tim Songgolangit Persada Jakarta yang dipimpin Bapak Agus Wibisana.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini