Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Program Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) XLV Tahun 2023/2024 Kelompok 68 Universitas Mercu Buana Yogyakarta mengadakan pelatihan pembuatan fermentasi pakan ternak.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh warga Padukuhan Pringapus, Desa Pucanganom, Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Diadakannya kegiatan tersebut dilakukan karena banyak warga yang memiliki hewan ternak dan banyak tersedianya rumput serta adanya permasalahan yang dialami para peternak yang kesulitan mencari pakan ternak pada musim kemarau.

kegiatan ini dimulai dengan pemahaman mengenai fermentasi pakan ternak, manfaatnya serta alat dan bahan yang diperlukan. Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam pelaksanaan program kerja fermentasi pakan ternak yaitu rumput kolonjono, molase, terpal, tali rafia, gunting, pare, air, bekatul, botol plastik 1,5 liter, alat potong jerami, terpal, trash bag, atau tong besar, jerami atau rumput, probiotik EM4 (Effektive Microorganisms 4).

Kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan fermentasi pakan ternak. Proses pembuatan fermentasi pakan ternak dilakukan dengan mencacah jerami atau rumput dengan golok atau bisa menggunakan alat cacah, siapkan tempat pembuatan bisa menggunakan terpal, plastik atau tong besar; larutkan gula tebu dengan air ditambah dengan EM4 sesuai takaran; masukan jerami, rumput, dedak serta bekatul pada tempat pembuatan yang sudah disiapkan.

selanjutnya siram semua bahan yang telah tersusun rata di dalam tempat pembuatan yang sudah disiapkan sebelumnya; siram semua bahan yang telah tersusun rata di dalam tempat pembuatan dengan larutan tebu dan EM4 yang telah dilarutkan dengan air, aduk hingga merata; tutup tempat pembuatan dengan terpal atau plastik dan pastikan tidak ada udara yang masuk, lalu tunggu 7-14 hari hingga proses fermentasi selesai dan pakan siap digunakan. Lalu kegiatan ditutup dengan diskusi melalui sesi tanya jawab, saran maupun kritik dari masyarakat. Seperti yang diulas web mahasiswaindonesia.id.

Pak Markino, salah satu peserta pelatihan, menyampaikan tanggapannya, “Program kerja yang dijalankan sangat pas dan sangat cocok untuk diadakan di dusun ini karena mayoritas di dusun ini adalah peternak yang sangat cocok untuk fermentasi pakan ternak ini”, ujarnya.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini