Memperbaiki kesuburan tanah dengan pupuk organik Bokashi Kotaku menggunakan bioaktivator Effective Microorganisms 4 (EM4).

Pemberian pupuk organik bokashi pada tanah menjadi solusi utama untuk mengatasi masalah lahan dengan kadar bahan organik sangat rendah. Ketersediaan unsur hara yang ada di dalam tanah akan berkurang karena unsur hara tersebut diserap oleh tanaman.

Keadaan ini mengakibatkan ketidak seimbangan antara penyerapan unsur hara dengan pembentukan hara di dalam tanah. Hara tanah dapat terbentuk lebih baik dengan pemberian pupuk bokashi.

Pupuk bokashi bisa memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Pemberian pupuk Bokashi Kotaku merupakan salah satu cara untuk memperbaiki sifat fisik tanah. Bokashi Kotaku dapat memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kapasitas menahan air, pori aerasi, dan laju infiltrasi, serta memudahkan penetrasi akar, sehingga produktivitas lahan dan hasil tanaman dapat meningkat.

Pupur organic Bokashi Kotaku dapat memperbaiki sifat kimia tanah yaitu menyediakan unsur hara makro dan mikro serta dapat meningkatkan KTK (Kapasitas Tukar Kation) tanah. KTK Merupakan indikator kesuburan tanah yang berguna karena menunjukkan kemampuan tanah dalam menyediakan unsur hara penting bagi tanaman: kalsium, magnesium, dan kalium.

Secara biologis yaitu mikroorganisme tanah juga berperan dalam sirkulasi nutrisi dalam tanah dengan mengubah senyawa-senyawa organik menjadi bentuk yang dapat diserap oleh tanaman

Selain itu, mikroorganisme EM4 dalam pupuk bokashi kotaku membantu mengendalikan keseimbangan nutrisi dalam tanah dengan menghambat kelebihan nutrisi tertentu yang dapat meracuni.

Dengan memahami peran penting mikroorganisme tanah, maka petani dapat menentukan pilihan menggunakan pupuk bokashi kotaku untuk meningkatkan kesuburan tanah dan meningkatkan hasil panen mereka.

Kadek Weda, salah satu petani cengkeh di Desa Unggahan, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng selalu memilih pupuk organik Bokashi Kotaku, produksi PT. Songgolangit Persada unit pabrik Bantas, Kabupaten Tabanan untuk pemupukan dan merawat tanaman yang bernilai ekonomis tinggi, menjelang musim hujan dan kemarau.

“Pupuk organik padat Bokashi Kotaku mampu meningkatkan kesuburan tanah sehingga tanaman cengkehnya tumbuh subur dan berbuah lebat,”tutur Kadek Weda yang telah mempercayakan perkebunan cengkehnya dirawat dengan pupuk organik Bokashi Kotaku.

Hamparan perkebunan tanaman cengkeh berkat menggunakan pupuk organik sehingga mampu memberikan penghasilan yang lumayan besar bagi pemilik lahan karena produksi yang dihasilkan lebih meningkat, dibandingkan menggunakan pupuk kimia.

“Kami menggunakan pupuk organik Bokashi Kotaku telah terbukti mampu mengembalikan kesuburan tanah, meningkatkan jumlah unsur hara yang dapat diserap tanaman sehingga produksi perkebunan cengkeh yang diperolehnya meningkat,” tutur Kadek Weda.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini