Dr. Sumit Sharma: Tujuan Yoga Untuk Kesehatan-Kesejahteraan

0
125
Dr. Sumit Sharma saat memberikan materi Workshop Holistic Healing Yoga 20 jam di Pak Oles Yoga Studio.

Bagi penggiat yoga, guna mendapatkan keseimbangan pikiran, harus banyak melakukan gerakan-gerakan yoga dengan berbagai cara, seperti gerakan yoga Asana, Pranayama dan juga Meditasi. Karena tujuan melakukan yoga adalah untuk mendapatkan kesehatan.

Hal tersebut yang diungkapkan oleh Dr. Sumit Sharma dari Nirmal Yoga Wellness saat memberikan materi Workshop Holistic Healing Yoga 20 jam di Pak Oles Yoga Studio, Jalan Pendidikan, Sidakarya, Denpasar Selatan belum lama ini.

Menurutnya, setiap orang mempunyai tujuan tersendiri dalam melakukan kegiatan yoga seperti untuk melatih keseimbangan tubuh, mengatasi tres, melatih kekuatan otot dan juga meningkatkan kosentrasi/focus. Tetapi yang paling penting adalah untuk  kesehatan.

“Meskipun saat ini memiliki segalanya, namun perlu untuk membangkitkan perhatian dalam menjaga kesehatan, salah satunya dengan melakukan yoga sehingga secara bertahap kita mendapatkan kesejahteraan yang menyeluruh disebut wellness,” ujarnya.

Dr. Sumit Sharma menekankan, bahwa yoga merupakan olahraga yang berfokus pada kekuatan, kelenturan, serta pernapasan demi peningkatan kesehatan mental dan fisik. Dalam melakukan gerakan yoga penting memahami tahapan gerakan atau pose yang benar sesuai keilmuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan pemahaman gerakan yang benar akan mencegah terjadinya kecelakaan atau kerusakan jaringan otot. Selama ini, terdapat sejumlah kesalahan dilakukan oleh murid dan guru yoga yang hanya mengutamakan fleksibilitas atau kelenturan tubuh, dengan mengesampingkan kekokohan/kekuatan dan gerakan (movement) persendian,” ujarnya.

Terkadang dengan hanya mengutamakan kelenturan tubuh, dilihat dari keindahan gerak atau pose-pose tertentu, akhirnya murid dan juga guru yoga menghasilkan efek cedera pada sendi, tulang, otot dan ligamen. Bahkan kesalahan tersebut menjadi berlanjut menghasilkan efek cedera permanen. Maka sangat penting melakukan gerakan sesuai keilmuan.

Menurutnya, disinilah pentingnya mengetahui ilmu atau science anatomi tubuh saat beryoga atau mengajar yoga. Karena tujuan yoga adalah menghasilkan individu atau masyarakat yang sejahtera (wellness), bukan nyeri atau penyakit (illness).linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini