M. Fauzan sedang mengaplikasikan EM4 Perikanan ke Tambak ikan nila dan udang vaname di Desa Sembayat, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

EM4 adalah salah satu senyawa yang sangat dibutuhkan dalam dunia budidaya perikanan. Salah satu fungsi EM4 perikanan adalah membantu menjaga mikroorganisme baik agar ikan-ikan dalam kolam jauh lebih sehat.

Bukan hanya itu, senyawa EM4 juga dapat membunuh patogen penyakit yang sangat ganas dalam menghancurkan seluruh ikan. Sehingga banyak petani ikan yang memanfaatkan EM4 sebagai pupuk hayati untuk mencegah terjadinya gagal panen.
Dikutip dari buku Kupas Tuntas Budi Daya & Bisnis Lele karya Surya Gunawan, berikut beberapa fungsi dari EM4 untuk perikanan.

EM4 merupakan suatu produk teknologi kultur mikroorganisme yang sangat menguntungkan bagi petani ikan, mengingat ada banyak kegunaan yang sangat penting dalam dunia perikanan. Beberapa fungsi EM4 perikanan sebagai berikut.

1. Menjaga Mikroorganisme Baik
Fungsi yang pertama adalah membantu menjadi mikroorganisme baik untuk tumbuh kembang ikan. Namun, tetap harus melakukan berbagai hal lainnya secara tepat demi mendapatkan hasil budidaya ikan yang maksimal.

2. Menstimulasi Enzim Pencerahan
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas ikan dan kolam selama masa pertumbuhan ikan hingga masa panen. Salah satunya adalah pemberian EM4 yang sangat membantu menstimulasi enzim pencerahan yang dibutuhkan ikan.

3. Mengurai Bakteri Bahan Organik
Selanjutnya, EM4 bisa mengurai bakteri organik yang ada di dalam air untuk menjaga kualitas air kolam tetap baik. Bahkan, petani ikan perlu memeriksa kondisi kolam secara rutin agar terbebas dari penyakit yang bisa menyerang ikan.

4. Meningkatkan Kualitas Air Kolam
Jika ingin kualitas air kolam meningkat agar ikan lebih nyaman dan mudah berkembang, maka gunakan EM4 perikanan. Apabila air kolam berkualitas, bisa menekan pertumbuhan bakteri patogen berbahaya.
Pasalnya, berbagai bakteri berbahaya yang dibiarkan begitu saja bisa merusak ikan hingga lingkungan di sekitarnya juga ikut rusak.

5. Membantu Menyehatkan Ikan
Pastikan lingkungan tempat tinggal ikan tetap dalam kondisi bersih dan bisa membuat ikan aktif bergerak kesana-kemari. Maka dari itu, gunakan EM4 yang punya peranan penting untuk membuat lingkungan organisme serta ikan dalam kolam jauh lebih sehat.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa fungsi EM4 perikanan sangat membantu membuat ikan lebih sehat dan menyukseskan budidaya. Sumber kumparan.com https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini