IPSA Jadi Ikon Wisata Herbal Dan Yoga

0
151
Sejumlah penggiat yoga mengikuti International Yoga Day. Aktivitas yoga menjadi ikon baru Villa IPSA di Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Objek wisata herbal dan aktivitas yoga yang baru dikembangkan setelah masa Covid 19, menekankan upaya memajukan Desa Bengkel sebagai daerah tujuan wisata, dengan mengembangkan pertanian organik berbasis Teknologi Effective Microorganisms 4 (EM4) serta memperkenalkan ilmu dan praktik tanaman herbal kepada wisatawan dalam dan luar negeri.

Hal itu merupakan terobosan dan upaya yang dilakukan salah seorang putra terbaik Bali, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang memiliki dedikasi, semangat dan kerja keras mengembangkan tanaman herbal secara organik di atas hamparan lahan seluas lima hektar dengan sentuhan teknologi EM4, temuan Prof. Dr. Teruo Higa dari Jepang.

Alumnus Program Pascasarjana (S-2) Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang (1987-1990) yang akrab disapa Pak Oles mewarisi hamparan lahan yang cukup luas dalam satu kawasan untuk mengembangkan tanaman herbal berkhasiat obat seluas lima hektar, di Villa IPSA sekaligus pembangunan pabrik PT Karya Pak Oles Tokcer dan pabrik EM4 yang bernaung dibawah bendera PT Songgolangit Persada (SLP) dan fasilitas pendukung lainnya.

Kata herbal atau tanaman obat, yang dikenal di Bali sebagai tanaman usada sangat identik dengan Pak Oles, berkat aktivitas bisnis herbal yang ditekuninya di bawah bendera PT. Karya Pak Oles Tokcer (KPOT), sebuah perusahaan swasta nasional berbasis obat-obatan tradisional yang merupakan terbesar di Bali sejak 1997.

Kebun yang mengoleksi ratusan jenis tanaman herbal berkhasiat obat yang cukup luas itu menyatu dengan Pabrik Minyak Oles Bokashi yang bernaung di bawah PT KPOT, pabrik Effective Microorganisms 4 (EM4) PT SLP, gedung dan Villa IPSA menjadi kawasan industri herbal Pak Oles sekaligus objek wisata yang dikenal dan dikunjungi pelancong dalam dan luar negeri.

Wisatawan mancanegara itu melihat dari dekat ratusan jenis tanaman obat organik yang hasil panennya diproses sebagai bahan baku Minyak Oles Bokashi yang mempunyai manfaat multi khasiat dalam menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

Minyak Oles Bokashi yang diproses dengan teknologi Effective Microorganisms (EM) dari Jepang itu dapat membantu meringankan penyakit pegal linu, meredakan bisul, gatal dan bengkak akibat gigitan serangga telah menembus pasar dalam dan luar negeri.

Kebun tanaman herbal Pak Oles selama ini menjadi langganan kunjungan pelancong kapal pesiar yang sedang berwisata keliling dunia yang merapat pelabuhan Celukan Bawang Buleleng.

Sebagian besar diantara anggota rombongan pelancong wisatawan tersebut tertarik untuk membeli produk Ramuan Pak Oles diantaranya Minyak Oles Bokashi, Balsem Bokashi, Bokashi Care Roll On, Madu Geruh Bokashi, Teh Bokashi dan Kopi Bubuk Bukit Hexon sebagai cinderamata pulang ke negaranya.

IPSA Bali yang digagas dan didirikan oleh Dr.Wididana yang mendidik dan mencetak ribuan petani organik berbasis EM dari berbagai daerah di Indonesia maupun negara tetangga Malaysia mempunyai visi dan misi yang luhur yakni “Membangun Desa Membangun Bangsa”.

Villa IPSA yang berkapasitas 18 kamar dilengkapi fasilitas kolam renang bertaraf internasional awalnya diperuntukkan peserta pelatihan pertanian organik setelah direnovasi sekarang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan dalam dan luar negeri dalam menikmati liburan di Pulau Dewata. Juga sedang dikembangkan kamar inap model glamping untuk menambah fasilitas kamar, mengingat kunjungan wisatawan yang semakin meningkat.

Villa IPSA juga dilengkapi dengan enam unit tempat latihan yoga yang terdiri atas tempat yoga hotroom, wantilan yoga, rooftop yoga, yoga Semberani, silent yoga dan yoga nidra. Tempat latih yoga tersebut bernuansa alami, dikelilingi kebun cengkeh, durian, cokelat, serta kebun bunga yang tertata rapi. Bangunan yoga tersusun bertingkat sesuai terasering lahan.

Semakin tertarik

Wisatawan mancanegara dan nusantara dalam menikmati liburan di Villa IPSA Desa Bengkel, Busungbiu, daerah pesisir utara Pulau Bali semakin tertarik mengikuti aktivitas yoga yang menjadi brand baru sejak setahun terakhir.

Hal itu berkat lebih dari 80 persen wisman yang menginap di Villa IPSA berkapasitas 18 kamar dilengkapi fasilitas kolam renang bertaraf internsional sangat senang mengikuti kegiatan yoga dengan gerakan-gerakan yang unik dan menarik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Villa IPSA memiliki ikon baru yoga sebagai daerah tujuan wisata yang dimulai sejak empat tahun lalu, semasa Covid 19, melalui latihan dan aktivitas yoga bersama masyarakat desa, serta karyawan Pak Oles yang tertarik akan yoga.

Secara perlahan, yoga di Villa IPSA menjadi aktivitas rutin, awalnya para guru-guru yoga didatangkan dari Denpasar dan Gianyar setiap minggu sekali. Hal itu menyusul melakukan latihan guru yoga (Yoga Teacher Training-YTT) selama 25 jam, 50 jam dan 200 jam untuk gaya Bikram Hot Yoga oleh Guru Ian Terry, serta kursus-kursus yoga singkat, untuk menambah pengalaman dan wawasan berbagai gerak (flow), pose (asana) yoga.

Berbagai upaya dan terobosan yang dilakukan Pak Oles dalam memajukan tanaman herbal dan yoga, Desa Busungbiu kini menjadi salah satu dari banyak tempat di Bali sebagai aktivitas yoga yang disenangi wisman.linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini