Dr. Wididana: Wisman Tertarik Nikmati Yoga di Villa IPSA

0
141
Wisatawan asal Francis yang berlibur di Villa IPSA mengikuti kegiatan International Yoga Day.

Aktivitas yoga menarik perhatian wisatawan mancanegara dan nusantara dalam menikmati liburan di Villa IPSA Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng, daerah pesisir utara Pulau Bali yang menjadi brand baru sejak setahun terakhir.

“Lebih dari 80 persen wisatawan dalam dan luar negeri yang menginap di Villa IPSA berkapasitas 18 kamar dilengkapi fasilitas kolam renang bertaraf internsional untuk mengikuti kegiatan yoga,” kata Guru Yoga Internasional sekaligus Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr.

Ia mengatakan, Villa IPSA memiliki ikon baru yoga sebagai daerah tujuan wisata yang dimulai sejak empat tahun lalu, semasa Covid 19, melalui latihan dan aktivitas yoga bersama masyarakat desa, serta karyawan Pak Oles yang tertarik akan yoga.

Secara perlahan, yoga di Villa IPSA menjadi aktivitas rutin, awalnya para guru-guru yoga didatangkan dari Denpasar dan Gianyar setiap minggu sekali.

Hal itu menyusul melakukan latihan guru yoga (Yoga Teacher Training-YTT) selama 25 jam, 50 jam dan 200 jam untuk gaya Bikram Hot Yoga oleh Guru Ian Terry, serta kursus-kursus yoga singkat, untuk menambah pengalaman dan wawasan berbagai gerak (flow), pose (asana) yoga.

Pak Oles yang dikenal sebagai Guru GNW, mengikuti berbagai pelatihan yoga, seperti Bikram Hot Yoga, Hatha Yoga, Yin Yoga, Kundalini Yoga, Reiki, Qigong, dan Breathwork.

Pak Oles memiliki relasi yang cukup luas dengan berbagai guru-guru yoga, sehingga aktivitas pengembangan ikon yoga di Villa IPSA menjadi lebih mudah, lancar dan berkesinambungan.

Sejak setahun melakukan aktivitas latihan yoga setiap pagi di Villa IPSA, melibatkan wisatawan yang menginap di Villa. Sejak itu, ikon yoga menjadi lebih dikenal. Selain diikuti pelancong yang menginap di Villa IPSA juga mengikuti trakking ke air terjun, ke sawah, kebun, serta ke pemandian air panas ( hot spring) di Desa Banjar.

Pak Oles menambahkan, International Yoga Day di Villa IPSA telah dilakukan dua kali setiap bulan Juni sejak 2023, dihadiri lebih dari 200 orang dari berbagai kelompok pelatihan yoga, dengan mendatangkan guru-guru dari Bali dan luar Bali.

Internasional Yoga Day pada tahun ini dilakukan pada 29 Juni 2024, dengan mendatangkan enam guru yoga, yaitu (Guru Madra ahli Hatha dan power yoga, Guru Tude ahli Sound Healing, Guru Yansha ahli Yin Yoga, Guru Madhava ahli detoks, Guru Sumit Sharma ahli holistic yoga therapy, serta Guru GNW ahli herbal Therapy.

Bintang tamu yoga dari yayasan Ananda Marga, Buleleng, yoga akro (akrobatik), diundang untuk mempertunjukkan kelenturan tubuhnya dalam berbagai pose menantang.

Acara yoga Day dimulai dengan gerakan Surya Namaskara yang dipimpin secara bergantian oleh guru-guru yoga, kemudian dilakukan meditasi diam (sitting meditation oleh Guru Madhava) dan meditasi gerak (shaking meditation, estatic dance) dengan diiringi alunan musik bergaya Bollywood oleh Guru Sumit Sharma.

Setelah peserta mengikuti sesi kelas yoga selama dua jam sesuai minat yang diinginkan dibimbing oleh masing-masing Guru yoga. Selanjutnya pada penutup acara, dilakukan makan bersama di Villa IPSA. Dalam acara itu juga diperkenalkan produk baru Pak Oles, Bokashi Aroma Therapy, untuk relaksasi dan energizer (penyemangat) untuk kesehatan melalui aroma esensial.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini