Berkat EM4 Peternakan, Betah Berada Di Kandang Sapi

0
148
Bau tidak sedap dan pencemaran lingkungan akibat kotoran ternak sapi yang menumpuk teratasi dengan menggunakan EM4 peternakaan.

Bau kotoran ternak sapi sangat mengganggu dan menjadi momok bagi peternak dan masyarakat sekitarnya akibat menimbulkan bau yang  menyengat, sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan ternak dan pencemaran lingkungan sekitarnya.

Bau yang tidak sedap dan pencemaran lingkungan akibat kotoran ternak sapi yang menumpuk jangan khawatir, ada beberapa cara ampuh untuk mengatasinya yakni Effective Microorganisms 4 (EM4) peternakan, salah satu dari lima jenis EM4 produksi PT Songgolangit Persada, agen tunggal di Indonesia yang memproduksi dan memasarkan EM4 pertanian, EM4 perikanan, EM4 limbah, EM4 peternakan dan EM4 Toilet yang mendapat lisensi dari EMRO Jepang.

EM4 peternakan mempunyai manfaat mencegah bau tidak sedap pada kandang dan tempat pembuangan kotoran ternak, mengurangi jumlah lalat dan serangga ternak, memperbaiki kesehatan ternak, mengurangi ketegangan ternak, memperbaiki mutu daging ternak, memperbaiki kesuburan ternak dan mengurangi jumlah kematian ternak.

Upaya tersebut diimbangi dengan ventilasi yang baik pada kandang sapi agar udara segar dapat mengalir dengan lancar, guna membantu mengurangi bau kotoran ternak sapi. Ventilasi yang cukup juga dapat menjaga dan memelihara kesehatan ternak.

Demikian juga melakukan pembersihankandang secara berkesinambungan setiap hari, sebagai solusi untuk mengatasi bau kotoran sapi, sekaligus mencegah terjadinya penumpukan korotan.

Pengolahan kotoran ternak sapi

Pengolahan kotoran ternak sapi juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi bau yang menyenagat dan pencemaran lingkungan. Dengan mempercepat proses fermentasi, bau kotoran ternak sapi bisa berkurang. Anda bisa menggunakan serbuk gergaji untuk menyerap kotoran. Yang kemudian bisa diolah menjadi biogas atau pupuk.

Pemberian pakan yang telah difermentasi terhadap ternak sapi peliharaan sangat baik untuk nutrisi. Tetapi juga dapat menghasilkan kotoran dengan bau yang lebih sedikit. Proses fermentasi kotoran pun menjadi lebih cepat. Seperti yang diulas web jurnalfaktual.id.

Penggunaan EM4 pada tumpukan kotoran ternak sapi dapat mempercepat proses fermentasi, mengurangi bau dan menghasilkan pupuk kandang yang berkualitas. Dengan menerapkan metode-metode tersebut bau kotoran sapi yang mengganggu bisa ditanggulangi secara signifikan.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini