Kelompok tani wanita sedang membuat pupuk organik cair menggunakan bioaktivator EM4.

Kelompok Wanita Tani (KWT) Siyono Tengah melakukan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC), bertempat di Balai Padukuhan Siyono Tengah. Acara dimulai setelah sholat Jum’at. Sebanyak 28 anggota hadir pada siang itu bersama pembimbing dari dinas ibu Lasmini.

Ini merupakan kedua kalinya KWT Siyono Tengah melakukan pembuatan pupuk cair. Pada bulan Mei 2019 para anggota telah berhasil membuat pupuk cair, hasil pupuk tersebut digunakan para anggota untuk “Nyetren” tanaman milik anggota sendiri.

Karena telah berhasil dalam produksi yang pertama, pada kali kedua ini rencananya hasil pembuatan pupuk cair akan dijual per botol.

Bahan baku yang digunakan antara lain cambah tauge, tempe, nanas, EM4 dan tetes tebu (molase). Bahan diatas dihaluskan dengan blender serta dicampur dengan air. Cairan kemudian disimpan dalam jerigen besar dengan ditutup rapat selama 21 hari.

Cairan dalam jerigen ini dalam 4 hari sekali dibuka dan diaduk selama 10 menit. Total cairan POC yang dihasilkan dalam produksi ini adalah 50 liter. Rencananya setelah POC siap selanjutnya akan dikemas dalam botol ukuran 600 ml. Sasaran penjualan yaitu Dasa Wisma di lingkup Siyono Tengah. SepertiĀ  yang diulas website desalogandeng.gunungkidulkab.go.id

KWT Siyono Tengah pertama kali membentuk pengurus pada tanggal 1 September 2016. Kegiatan yang dilakukan yaitu pertemuan tiap tanggal 14 dengan acara arisan, kegiatan simpan pinjam serta kegiatan pertanian.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini