Guru Yoga: Skandasana Fokus Jaga Keseimbangan Maju Ke Depan

0
158

Seorang Guru Yoga Internasional, Dr, Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menegaskan, Skandasana, fokus pada tujuan, jaga keseimbangan, maju ke depan, sesuaikan kemampuan. Begitulah kira-kira filosofi Skandasana.

“Dalam posisi jongkok, salah satu kaki lurus ke samping, pandangan fokus pada ujung jempol kaki yang bertumpu pada kekuatan tumit, ujung telunjuk mengarah pada jempol kaki, seperti orang yang fokus membidik, siap melepas panah, pandangan dan pikiran tidak terganggu dengan hiruk pikuk dan gangguan luar, di tengah ketidak seimbangan ditemukan titik seimbang, jika rajin berlatih yoga, maka ditemukan keseimbangan lahir batin,” tutur sosok pria enerjik yang juga Direktur Utama PT PT Karya Pak Oles Grup ketika melatih Yoga di Villa IPSA Bngkel, Busungbiu, Buleleng, belum lama ini.

Ia mengatakan, dalam bisnis diperlukan keseimbangan, fokus, kesabaran dan kekuatan. Kuat berarti power, keberanian. seimbang berarti sabar dan bijaksana dalam bertahan dan terus belajar memperbaiki diri.

Dengan latihan yoga, sikap dan gaya hidup tenang, seimbang, berani dan fokus ditemukan, dan dipraktikkan. Skandasana adalah salah satu pose yoga yang gampang dan praktis untuk dilatih agar mendapatkan jiwa dan raga yang seimbang dan fokus lahir batin.

Selain karyawan Pak Oles dan masyarakat Desa Bengkel, Busungbiu, wisatawan mancanegara yang sedang menikmati liburan di Villa IPSA juga tertarik mengikuti kegiatan yoga.

Villa IPSA berkapasitas 18 kamar dilengkapi fasilitas kolam renang bertaraf internasional, dan fasilitas tempat latihan yoga, awalnya diperuntukkan khusus peserta pelatihan pertanian organik berbasis teknologi Effective Microorganisms (EM), sekarang mulai dimanfaatkan wisatawan dalam dan luar negeri dalam menikmati liburan di Bali utara.

Villa IPSA dibangun Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, Alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang tahun 1997 sudah sempat mengalami renovasi bangun di tempat yang sangat strategis untuk  menyaksikan keindahan panorama perpaduan antara bukit-lembah-hamparan sawah dan kebun yang menghijau dan lestari dalam lingkungan sekitarnya.

Villa yang menyatu dengan kebun tanaman herbal yang berkhasiat obat serta pabrik PT Karya Pak Oles Tokcer, PT Songgolangit Persada yang memproduksi EM4 pertanian, EM4 peternakan, EM4 perikanan, EM4 limbah dan Minyak Rajas khusus untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan.

Hamparan lahan yang sangat luas di sekitar lokasi tersebut kini berdiri megah enam unit tempat latihan yoga yang terdiri atas tempat yoga hotroom, wantilan yoga, rooftop yoga, yoga Semberani, silent yoga dan yoga nidra.

Bagi wisatawan yang menginap di Villa IPSA bisa mengikuti berbagai macam program kegiatan diantaranya, trekking, yoga dan juga belajar memasak masakan tradisional khas Bali yang dibimbing intruktur berpengalaman.

Tempat latih yoga tersebut bernuansa alami, dikelilingi kebun cengkeh, kopi, durian, cokelat, serta kebun bunga yang tertata rapi. Bangunan yoga tersusun bertingkat sesuai terasering lahan. Dengan demikian wisatawan dalam menikmati liburan mempunyai banyak pilihan aktivitas yakni latihan yoga, meditasi, maupun jalan-jalan menelusuri jalan setapak melewati persawahan dan perkebunan.

Hal itu menambah kesenanga tersendiri bagi wisatawan dalam menikmati liburan di daerah pedesaan yang berintegrasi dengan masyarakat sekitarnya.linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini