Memberikan pakan fermentasi pada ternak kelinci menjadi solusi ditengah langkanya pakan hijauan akibat musim kemarau.

Memasuki musim kemarau, sebagian besar peternak merasa kesulitan menyediakan pakan hijauan untuk hewan peliharaan. Guna mengatasi permasalahan tersebut, peternak harus memutar otak dengan mencari solusi supaya ternak peliharaan tetap dapat pakan yang cukup dan bergizi.

Seorang peternak kelinci mengakui, ketika musim kemarau tiba, cukup kesulitan mencari rumput sebagai pakan kelinci. Ditengah kegelisahannya tersebut, ia mecoba mencari solusi dengan melihat tutorial pakan dengan sistem pengawetan/fermentasi pakan di sebuah channel youtube.

“Karena kami memelihara Kelinci, jadi saya juga browsing cara fermentasi pakan kelinci dengan probiotic, probiotic itu sendiri banyak merknya dan saya praktekan dengan Probiotik EM-4, dan kebetulan dekat rumah ada distributor tahu goreng sehingga kami tidak kesulitan mendapatkan ampas tahu,” ujarnya dengan berbagi pengalaman di bellarabbits.wordpress.com.

Ia mengatakan, manfaat fermentasi itu sendiri antara lain: pakan bisa awet beberapa bulan dengan penyimpanan di dalam wadah yang kedap udara. Meningkatkan kadar gizi yang telah difermentasi. Cadangan makanan kelinci jika kesulitan mendapatkan rumput , dedaunan maupun konsentrat.

Adapun tahapan proses fermentasi pakan kelinci dari ampas tahu ialah: Dengan mempersiapkan ampas tahu secukupnya, 50 ml Probiotik EM4 Peternakan, 50 ml tetes tebu/larutan gula dan 500 ml air matang.

Setelah semua bahan tersebut terkumpul, selanjutnya mencampur 50 ml Probiotik EM4, 50 ml tetes tebu/larutan gula dan air matang 500 ml. Aduk campuran tersebut dengan sendok. Peras ampas tahu untuk mengurangi kadar airnya lalu campurkan dengan larutan probiotik EM4 dan tetes tebu yang sudah dicampur air.

Aduk hingga larutannya tercampur rata dengan ampas tahu. Kemudian masukkan ampas tahu ke dalam ember/toples untuk proses fermentasi selama kurang lebih 7 hari. Fermentasi berhasil ditandai dengan ampas tahu yang aromanya harum seperti aroma tape. Setelah jadi bisa langsung diberikan kepada kelinci (bisa dicampur dengan bahan lain seperti bekatul atau polar).https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini