Suasana kegiatan sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Organik sentuhan EM di Desa Darmasari, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Universitas Mataram, mengadakan Sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Organik sentuhan EM di Desa Darmasari, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program unggulan dari KKN PMD Desa Darmasari. Kegiatan tersebut mulai dari mengadakan sosialisasi pupuk organik yang kemudian dilanjutkan dengan praktik membuatnya oleh mahasiswa KKN-PMD Unram.

Upaya tersebut disertai dengan interaksi berupa tanya jawab secara langsung dengan tujuan untuk membantu petani dalam mengelola pertanian ramah lingkungan dan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia.

Bahan utama pupuk organik menggunakan kotoran ternak, Effective Microorganisms 4 (EM4) pertanian, mollase, dan sekam serta bahan tambahan yang digunakan adalah abu.

“Membuat pupuk tersebut dapat dilakukan agar kotoran tidak menumpuk dan sia-sia karena memang jika dilihat banyak peternak di sini,” ucap Lalu Husnan Afif, Ketua KKN Desa Darmasari.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini