Staf Ahli: EM Bermanfaat Terhadap Semua Aspek Kehidupan

0
117
Ir. I Gusti Ketut Riksa (depan) mengamati seorang petani yang sedang membuat pupuk organik cair menggunakan EM4 untuk tanaman jeruk di kawasan Kintamani, Bangli.

Teknologi Effective Microorganisms (EM) hasil temuan Prof. Dr. Teruo Higa dari Jepang dapat diterapkan dan mampu memberikan manfaat dalam berbagai aspek kehidupan, yang aflikasinya sangat mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

 “EM dapat menghasilkan bahan pangan yang aman untuk kesehatan dalam jumlah yang melimpah dan diterapkan untuk berbagai aspek kehidupan lainnya,” kata Staf Ahli PT Songgolangit Persada, Ir. I Gusti Ketut Riksa.

Ia yang juga Instruktur EM pada Instruktur EM pada Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali menambahkan, secara umum dapat diterapkan untuk bidang  pertanian, peternakan, perikanan, limbah, industri dan kesehatan.

Teknologi EM mampu menggantikan semua produk industri kimia pertanian yang bersifat polutif. Dengan EM petani dapat membuat pupuk organik dengan biaya murah, membuat bio pestisida, bio fungisida, bio bakterisida, bio urine, pupuk pelengkap cair (PPC), zat pengatur tumbuh dan bio disinfektan.

Semua itu aman terhadap kesehatan manusia bahkan dapat meningkatkan derajat kesehatan. Dengan EM pula petani dapat meningkatkan produksi secara berkualitas dengan nilai jual lebih tinggi dan cita rasa yang lebih nikmat, tutur Gusti Ketut Riksa.

EM juga mampu melindungi hewan ternak dari virus flu burung dan virus demam babi. Penelitian membuktikan penggunaan EM bereplikasi secara cepat untuk menghambat pertumbuhan mikroba patogen, menghasilkan vitamin-vitamin dan nutrisi lainnya yang dapat mencegah masuknya mikroorganisme patogen.

Jadi dalam kehidupan sehari-hari perlu memanfaatkan probiotik EM untuk menjaga kesehatan dan hidup bebas dari penyakit. Indonesia yang berpenduduk 273 juta jiwa, jika sebagian besar menerapkan gaya hidup dengan aplikasi probiotik EM, maka lingkungan dan kesehatan menjadi lebih baik.

Teknologi Efective Microoorganism 4 (EM4) mempnyai dampak terhadap bidang pertanian dalam arti luas, namun juga bidang lain seperti industri, lingkungan bahkan kesehatan dapat dijangkau tanpa efek negatif dan bersifat lestari, ujar Gusti Riksa.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini