Empat mahasiswi Program Studi Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar mengamati berbagai jenis tanaman berkasiat obat di Pak Oles Green School, Kang Zanger Bokashi Farm, Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur.

Sebanyak empat mahasiswi Program Studi Farmasi Universitas Mahasaraswati Denpasar berkunjung ke Pak Oles Green School (POGS) di Kang Zanger, Bokashi Farm, Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur diterima oleh Koenjtoro Adijanto, selaku kapala POGS, Kamis (30/11/23).

Empat mahasiswi semester VII diantaranya Ni Kadek Widi Wulandari, Ni Putu Lilis Adnyani, Ni Nyoman Ayu Puspita Sari dan I Gusti Agung Ayu Pranidina Dewi bertujuan untuk melakukan wawancara mengenai perusahaan/usaha yang bergerak di bidang obat tradisional.

Tujuan rombongan mahasiswa ke Industri PT Karya Pak Oles Tokcer untuk mendukung tugas mata kuliah kewirausahaan 2 SKS dibawah bimbingan dosen Ibu Ida Ayu N Yuliastuti. Tugas kelompok video pengusaha dibidang farmasi meliputi recana tempat usaha, perkenalan anggota kelompok dan wawancara dengan pengusaha/perkembangan usaha.

Dalam kesempatan itu, Koenjoro menyampaikan informasi terkait sejarang berdirinya Industri Obat Tradisional PT Karya Pak Oles Tokcer dengan produk unggulan Minyak Oles Bokashi dirintis sejak tahun 1997 hingga perkembangannya terkini selama 26 tahun.

Usaha yang dirintis oleh Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr, alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang berupa Minyak Oles Bokashi yang diracik dari berbagai jenis tanaman obat organik di atas hamparan seluas 6 hektar di Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Obat tradisional yang dikembangkan sejak tahun 1997 merupakan warisan Pusaka Ramuan Dadong Bandung (nenek Pak Oles) Lengis Arak Nyuh, dari Desa Bengkel, daerah pesisir utara Pulau Bali, yang diproduksi secara modern dengan sentuhan teknologi EM yang dipelajarinya di negeri Sakura.

Minyak Oles Bokashi memiliki aroma khas hasil fermentasi perpaduan antara tradisional yang diterapkan Dadong Bandung dengan teknologi EM4 temuan Prof. Dr. Teruo Higa, guru besar Universitas Ryukyus, Okinawa, Jepang (tempat Pak Oles menyelesaikan program S-2) yang kini menjadikan Minyak Bokashi yang dimanfaatkan secara meluas di pasaran lokasl Bali, nasional maupun menembus berbagai negara di belahan dunia.

Bokashi, minyak herbal asli Bali untuk membantu meringankan pegal linu, meredakan bisul, gatal dan bengkak akibat gigitan serangga, sebagai campuran mandi rempah, guna mengurangi bau tidak sedap.

Produk Ramuan Pak Oles selain Minyak Oles Bokashi yang menjadi produk unggulan, juga Bokashi Care dengan tiga jenis varian, Balsem Bokashi, Minyak Tetes Bokashi, Madu Geruh Bokashi, madu rocky, madu resi, madu jamur, masker madu hitam, parem lantik dan krim saribing.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan mahasiswi juga diajak keliling kebun untuk melihat berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat yang merupakan miniatur dari bahan baku produk Ramuan Pak Oles dikelompokkan di atas lahan seluas 40 are di Bokashi Farm Waribang.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan mahasiswi juga diajak keliling kebun untuk melihat berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat yang merupakan miniatur dari bahan baku produk Ramuan Pak Oles dikelompokkan di atas lahan seluas 40 are di Bokashi Farm Waribang.linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini