EM4 Pertanian Suburkan Tanah-Tingkatkan Produksi Tanaman

0
127
Seorang petani menunjukkan produk EM4 yang dipalikasikan dalam bidang pertanian.

Effective Microorganisms 4 (EM4), teknologi yang mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan merupakan kultur campuran dari mikroorganisme yang menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman.

“EM4 diaplikasikan sebagai inokulan untuk meningkatkan keanekaragaman dan populasi mikroorganisme di dalam tanah dan tanaman, yang selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, kuantitas dan kualitas produksi tanaman,” kata Manajer Pak Oles Green School Jl. Waribang Kesiman, Denpasar Timur, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia mengatakan, pencampuran bahan organik seperti kotoran hewan (kohe) atau limbah organik lainnya dengan larutan EM4 merupakan pupuk organik atau bokashi padat yang sangat efektif untuk meningkatkan produksi pertanian.

Pupuk bokashi dapat digunakan sebagai starter mikroorganisme yang menguntungkan yang ada di dalam tanah serta dapat memberikan respon positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

EM4 dapat menyuburkan tanah, berkat dapat merangsang perkembangan dan pertumbuhan mikroorganisme lain yang menguntungkan seperti bakteri pengikat nitrogen, bakteri pelarut fosfat, mikroorganisme yang bersifat antagonis terhadap patogen serta dapat menekan pertumbuhan jamur patogen tular tanah.

EM4 yang terdapat dalam pupuk bokashi yang hidup di tanah mampu bekerja sama secara sinergis dalam meningkatkan kesuburan tanah dan sifat-sifat fisik tanah, biologi tanah dan kimia tanah.

Upaya tersebut mampu merangsang perkembangan mikroorganisme yang menguntungkan tanaman, melindungi tanaman dari serangan penyakit dan meningkatkan produktivitas tanaman. EM Pelopor Pertanian Organik di Indonesia.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini