EM4 Tingkatkan Produktivitas Lahan-Tekan Dampak Lingkungan Tanah

0
124
Tiga orang petani perempuan menunjukkan produk EM4 saat menanam padi dikawasan Desa Punikan, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat.

Effective Microorganisms 4 (EM4), teknologi yang mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan mampu meningkatkan produktivitas lahan dan mengurangi dampak lingkungan tanah sehingga tanaman tumbuh subur dengan tingkat produktivitas yang maksimal.

“Tanah merupakan salah satu faktor penting dalam proses budidaya tanaman sehingga perlu sentuhan EM4 produksi PT Songgolangit Persada,” kata Manajer Pak Oles Green School, Jl Waribang, Denpasar timur, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia mengatakan, tanah berperan sebagai tempat tumbuh tegaknya tanaman, tempat persediaan air, udara, unsur hara, serta tempat hidupnya organisme yang mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Sedangkan produktivitas merupakan kemampuan atau daya dukung lahan pertanian dalam memproduksi tanaman. Produktivitas merupakan kemampuan tanah untuk menghasilkan produksi tanaman tertentu.

“Tanah yang produktif adalah tanah yang dapat menghasilkan produksi tanaman dengan baik dan menguntungkan bagi petani yang mengolahnya,” ujar Koentjoro Adijanto.

Pemberian pupuk bahan organik kaya akan sumber hidup (Bokashi) yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan organik dengan teknologi EM4 memiliki banyak manfaat diantaranya ramah lingkungan.

Demikian juga mampu menjaga keseimbangan lahan, meningkatkan produktivitas lahan serta mengurangi dampak lingkungan tanah. Tanah yang mendapat sentuhan EM4 mampu menambah kesuburan tanah berkat dekomposisi bahan organik pada tanah oleh EM4.

Tanah yang mengandung bahan organik tinggi akan menghasilkan pertumbuhan tanaman dengan baik seperti penambahan jumlah daun. Selain itu EM4 dapat meningkatkan nutrisi dan senyawa organik pada tanah, memperluas jangkauan akar, sehingga penyerapan unsur hara pada tanah semakin baik dan meningkatkan produktivitas tanaman, kata Koentjoro Adijanto.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini