EM4 Untuk Pertanian Berkelanjutan

0
133
Sejumlah murid TK Barunawati Kedonganan, belajar menanam tanaman lidah buaya menggunakan pupuk organik bokashi yang difermentasi menggunakan EM4.

Effective Microorganisms 4 (EM4) pertanian, salah satu dari empat jenis pupuk hayati produksi PT Songgolangit Persada mampu meningkatkan kesuburan tanah dan meningkatkan produksi tanaman untuk pertanian berkelanjutan.

“Mikroorganisme fermentasi bahan organik tanah membantu menyuburkan dan meningkatkan produksi tanaman serta menyehatkan ternak,” kata Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto.

Effective Microorganisms merupakan kultur campuran dari mikroorganisme yang menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman dan meningkatkan kesuburan lahan.

EM4 diaplikasikan sebagai inokulan untuk meningkatkan keanekaragaman dan populasi mikroorganisme di dalam tanah dan tanaman yang selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, kuantitas dan kualitas produksi tanaman.

Pencampuran bahan organik seperti kotoran hewan (kohe) atau limbah organik lainnya dengan larutan EM4 merupakan pupuk organik yang sangat efektif untuk meningkatkan produksi pertanian.

Pupuk organik padat bokashi dapat digunakan sebagai starter mikroorganisme yang menguntungkan yang ada di dalam tanah sekaligus mampu memberikan respon positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

EM4 dapat menyuburkan tanah berkat mampu merangsang perkembangan dan pertumbuhan mikroorganisme lain yang menguntungkan seperti bakteri pengikat nitrogen, bakteri pelarut fosfat, mikroorganisme yang bersifat antagonis terhadap patogen serta dapat menekan pertumbuhan jamur patogen tular tanah.

EM4 yang terdapat dalam pupuk bokashi yang hidup di tanah bisa bekerja sama secara sinergis dalam meningkatkan kesuburan tanah dan sifat-sifat fisik tanah, biologi tanah dan kimia tanah.

Dengan demikian EM4 pertanian dapat merangsang perkembangan mikroorganisme yang menguntungkan tanaman, melindungi tanaman dari serangan penyakit dan meningkatkan produktivitas tanaman. EM Pelopor Pertanian Organik di Indonesia.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini