Pelatihan Manajemen Pakan Atasi Kekurangan Pakan Musin Kemarau

0
101
Program Studi Agribisnis UTM Jalin Kerjasama Dengan Fakultas Peternakan UGM Gelar Pembinaan dan Pelatihan Manajemen Pakan di Pamekasan.

Program Studi Agribisnis UTM Jalin Kerjasama Dengan Fakultas Peternakan UGM Gelar Pembinaan dan Pelatihan Manajemen Pakan di Pamekasan.

Andrie Kisroh Sunyigono selaku Ketua Matching Fund, bahwa kegiatan pembinaan dan pelatihan manajemen pakan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan kekurangan pakan terutama pada musim kemarau. Yang dikhawatirkan akan berdampak terhadap penurunan kualitas reproduksi sapi Madura.

Ir. Bambang Suwignyo, S.Pt., M.P., Ph.D., IPM., ASEAN. Eng,sebagai Narasumber menjelaskan, Jika ingin mendapatkan kandungan protein paling tinggi untuk sapi bisa di dapatkan dari jerami kacang hijau.

“Hal ini dikarenakan kandungan protein pada kacang hijau sebesar 23,26%, sehingga sangat bagus untuk pakan sapi,” ujar Bambang Suwignyo.

Pada praktek pembuatan pakan fermentasi nampak peserta sangat antusias dan langsung dipandu oleh Bambang Suwignyo. Dimana bahan yang dibutuhkan adalah rumput yang sudah dipotong, bekatul, dan EM4 Peternakan.

Proses pembuatan pakan fermentasi ini dengan mencampur bekatul dan potongan rumput lalu disiram air yang sudah dicampur EM4 dan diaduk semua. Semua bahan yang sudah tercampur langsung dimasukkan ke dalam drum dan disimpan selama 2-3 minggu.Seperti yang diulas jatiminstitute.com.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini