Probiotik EM4 Perikanan Hasilkan Ikan Nila Gurih Bebas Bau Lumpur

0
195
Ikan Nila tumbuh cepat dan memiliki rasa gurih tidak amis dan tidak rasa lumpur dengan aplikasi EM4.

Probiotik Effective Microorganisms 4 (EM4) Perikanan dan tambak mampu memaksimalkan pencernaan budidaya perikanan air tawar ikan nila secara organik mampu menghasilkan ikan yang gurih, rasa enak dan nikmat bebas dari amis, bau tanah dan rasa lumpur.

“Usaha budidaya ikan yang terus diupayakan semakin baik dan diantaranya dengan formulasi pakan yang dapat menunjang berbagai kemudaian termasuk rasa ikan yang gurih dan enak yang disenangi konsumen,” kata Manajer Pak Oles Green School Jalan Wariibang, Kesiman Denpsar Timur, Ir Koentjoro Adijanto yang akra disapa Yoyok.

Usaha budidaya ikan nila dengan sentuhan EM4 perikanan dan tambak dengan rasa enak dan gurih telah dilakoni sosok wanita Ni Putu Ayu Winariyati, pembudidaya ikan nila yang terinspirasi dari terus diam di rumah pada masa pandemi Covid-19 untuk mengembangkan usaha perikanan skala rumah tangga.

Ia bersama suaminya Ketut Gede Wira mengembangkan budidaya ikan nila di pekarangan rumah Banjar Penarukan Kaje, Desa Penarukan, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan dengan memberikan suplemen EM4 perikanan dan tambak kepada ikan piharaannya.
Suplemen EM4 yang dicampurkan pada pakan ikan nila piharaannya dapat dicerna sekaligus memperbaiki kemampuan ikan nila dalam mencerna pakan.

Suami-istri yang dikaruniai dua anak itu mengembangkan budidaya ikan nila dalam delapan kolam terpal bulat diameter 3 x3 meter dengan sistem RAS (Recirculating Aquaculture System) atau sirkulasi air mengalir di pekarangan rumahnya.

Pekarangan rumah di daerah pedesaan itu hanya seluas 4,5 are (450 meter persegi), 1,5 are (150 m2 dimanfaatkan untuk budidaya ikan yang sudah beberapa kali panen sejak dirintis 8 Juni 2021.

Untuk menghasilkan ikan nila gurih yang laris dipasaran dan mulai pula dipasarkan secara online itu berkat pakan sebelum dikonsumsi ikan nila piharaannya difermentasi dengan EM4 perikanan produksi PT Songgolangit Persada.

EM4 perikanan dan tambak produksi PT Songgolangit Persada memang sangat efektif menjaga ikan tetap sehat. Karena fungsi EM4 perikanan dan tambak untuk meningkatkan bakteri pengurai bahan organic, menekan pertumbuhan bakteri patogen, menstimulasi enzim pencernaan dan meningkatkan kualitas air, tutur Yoyok.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini