PT Songgolangit Persada Cabang Jakarta saat melakukan sosialisasi pembuatan pupuk organik cair berbasis limbah rumah tangga dengan sentuhan teknologi EM.

PT Songgolangit Persada (SLP) Cabang Jakarta mendapat kepercayaan untuk menyosialisasikan sekaligus pembuatan pupuk organik dari bahan sampah organik dan sisa-sisa limbah dapur di masing-masing rumah tangga dengan sentuhan Effective Microorganisme (EM) di RT.005 RW.05 Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kegiatan tersebut atas permintaan warga masyarakat setempat yang ingin belajar membuat pupuk bokashi sebagai salusi mengatasi sampah taman dan sampah rumah tangga.

Kegiatan sosialisasi dan praktek langsung membuat pupuk bokashi diselenggarakan di Taman Palapa VIII yang berlokasi dalam lingkungan RT RT.005 RW.05 Kelurahan Pasar Minggu.

Kegiatan tersebut melibatkan sekitar 50 orang yang sebagian besar adalah pensiunan Kementerian Pertanian. Dasuki, salah seorang warga masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan tersebut menjelaskan, masalah sampah taman di lingkungannya akibat seringnya truk pengangkut sampah dari Dinas Kebersihan sering terlambat.

Hal tersebut menyebabkan sampah yang sebagian besar sampah organik yakni dedaunan dari berbagai jenis pepohonan perindang dan tanaman kota menumpuk di sejumlah sudut taman.

Warga masyarakat setempat sebenarnya sudah berperanserta mengurangi tumpukan sampah secara bersama-sama membersihkan dedaunan itu dengan cara membakar. Namun cara itu menimbulkan masalah baru, yakni polusi asap dari pembakaran sampah menjadi keluhan warga masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi taman.

“Pembakaran sampah mendapat protes, karena asap pembakaran sampah dikeluhkan sebagian masyarakat, terutama yang tinggal tidak jauh dari lokasi taman,” jelas Dasuki.

Warga masyarakat secara bersama-sama mencari solusi hingga memunculkan gagasan mengolah sampah menjadi pupuk bokashi sentuhan EM dengan dukungan PT. Songgolangit Persada (SLP) selaku produsen EM4 untuk membantu mensosialisasikan sekaligus mengajar membuat pupuk Bokashi.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini