DKPP Ngawi Gelar Pelatihan POC Libatkan Petani di 19 BPP

0
84
DKPP Ngawi Jawa Timur melakukan pelatihan pematik membuat Pupuk Organik Cair dengan memanfaatkan limbah organik disekitar dengan sentuhan Efective Microorganisme 4 (EM4).

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur melakukan pelatihan pematik membuat Pupuk Organik Cair (POC) dengan memanfaatkan limbah organik yang ada disekitar kita dengan sentuhan Efective Microorganisme 4 (EM4).

Pelatihan membuat pupuk organik ramah lingkungan dilakukan secara serentak di 19 Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di tingkat kecamatan di daerah itu dengan menghadirkan kelompok tani untuk memperoleh materi tentang manfaat pupuk organik.

Kelompok tani yang tersebar pada 19 BPP di Kabupaten Ngawi secara serentak memperoleh keterampilan membuat pupuk organik cair, bahan, cara membuat, manfaat sekaligus cara mengaplikasikannya.

Dalam membuat POC antara lain membutuhkan bahan-bahan (1) air cucian beras, (2) air kelapa dan (3) air urine kelinci (uci) dan EM4. Membuat POC dengan berbagai bahan dasar itu dibuat secara terpisah sehingga setelah jadi dan diaplikasikan ke tanaman akan dapat dijadikan studi POC dari jenis bahan yang mana yang baik untuk pertumbuhan vegetatif, pertumbuhan generatif dan yang mana yang sesuai untuk meningkatkan produksi produk pertanian.

Penggunaan POC dapat mengurangi bahkan menghindari penggunaan pupuk kimia sehingga menekan biaya produksi sekaligus berdampak meningkatkan keuntungan analisa usaha tani serta lebih menyehatkan tanah karena dengan mengurangi residu kimia di dalam tanah, memnafaat limbah sehingga dari limbah menjadi berkah, seperti yang disiarkan oleh website pertanian.ngawikab.go.id https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini