Ikan Koi Tumbuh Besar dan Sehat Berkat Bibis Pakan Sentuhan EM4

0
337
Hm Suwarno sedang memberi pakan pada ikan koi yang telah dicampur dengan EM4 perikanan.

Hm Suwarno, SH (62), yang bergerak dalam usaha bisnis spare part mobil mempunyai kesenangan (hobi) memelihara ikan koi, mulai dari menetaskan telur aneka jenis ikan hias hingga membesarkan di kolam di sekitar tempat tinggalnya di Jalan Sekar Tunjung, Gatot Sobroto, Denpasar timur.

“Ikan-ikan hias ukuran kecil hasil penetasan diseleksi secara ketat hanya memilih bibit ikan yang mempunyai warna (corak) yang cerah, untuk dibesarkan seperti jenis patron, tancho, sanke dan jenis lainnya yang warnanya menarik,” tutur Hm Suwarno didampingi istrinya Sri Hastati ketika menerima kunjungan tim youtobe PT Songgolangit Persada yang memproduksi EM4.

Kunjungan tim tersebut dipimpin Kepala Pemasaran PT Songgolangit Persada Cabang Bali, Irkham Rosidi dan ikut pula Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto, Putu Wirnata dan Made Astawa.

Ia mengatakan, ikan-ikan hias aneka jenis warna yang unik dan menarik hasil seleksi terhadap bibit ikan koi dipelihara dengan baik menggunakan probiotik Effective Microorganisme 4 (EM4) Perikanan dan tambak, salah satu dari empat jenis EM4 produksi PT Songgolangit Persada. Tiga jenis lainnya adalah EM4 pertanian, EM4 peternakan dan EM4 limbah untuk mengatasi pencemaran lingkungan.

Karena kolam sebagai tempat pemeliharaan ikan luasnya sangat terbatas sehingga dari banyak bibit yang diseleksi, hanya tumbuh dan berkembang menjadi besar tidak lebih dari 100 ekor. Dalam memelihara ikan hias itu selanjutnya menekankan untuk merawat airnya agar selalu jernih dengan menuangkan EM4 perikanan secara rutin ke kolam.

EM juga dicampurkan pada pakan ikan, dua jam sebelum diberikan kepada ikan lalu diangin-anginkan agar kembali kering baru ditaburkan ke kolam, sehingga ikan cepat besar dan sehat. EM4 Perikanan untuk kolam ikan koi memberikan manfaat menguraikan bahan-bahan sisa pakan, kotoran menjadi senyawa organik yang bermanfaat, menekan mikroorganisme patogen, menekan hama dan penyakit di dalam kolam.

Selain itu mampu memperbaiki mutu air sehingga lingkungan organisme ikan menjadi lebih bersih dan ikan menjadi lebih sehat, tahan terhadap serangan bakteri, jamur dan cepat besar. Pemberian EM4 ke dalam pakan dapat meningkatkan efisiensi pakan agar lebih mudah dicerna dan enzim dapat bekerja lebih efektif.

Pakan ikan yang baik berperan sebagai sumber energi utama yagn mampu meningkatkan daya cerna ikan sehingga pertumbuhan menjadi optimum. Bakteri pada EM4 juga dapat meningkatkan nilai nutrisi pakan ikan dan menghasilkan enzim yang mampu mengurai senyawa kompleks menjadi sederhana, sehingga siap dimanfaatkan ikan koi.

Penggunaan EM4 perikanan dan tambak pada kolam maupun pakan ikan koi mampu meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan ikan koi, tutur Hm Suwarno.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini