Pengembangan Tanaman Rosella Dengan Sentuhan EM4

0
102
Tanaman rosella tumbuh subur dipupuk menggunakan pupuk bokashi padat dan bokashi cair dua kali dalam sebulan.

Pengembangan tanaman herbal rosella sebagai bahan baku membuat teh herbal yang sangat baik untuk kesehatan menggunakan pupuk hayati Effective Microorganisms (EM4) mampu memberi keuntungan terhadap pembudidaya salah satu jenis tanaman obat itu.

“EM4 pertanian dalam kemasan warna kuning berat satu liter dengan harga yang sangat terjangkau dapat dimanfaatkan untuk mempermentasi sampah dan limbah organik menjadi pupuk organik padat dan pupuk organik cair,” kata Muchtar, salah seorang yang aktif membudidayakan tanaman rosella.

Sosok pria yang juga seorang ASN di Semarang, Jawa Tengah itu menjelaskan, dengan menggunakan pupuk organik berbasis EM untuk budidaya rossela biaya operasi dapat ditekan menjadi sangat murah.

Tanaman rosella yang tumbuh subur dipupuk menggunakan pupuk bokashi padat dan bokashi cair dua kali dalam sebulan. Tanaman dalam waktu setahun sudah mulai berbuah 2-3 kilogram setiap pohonnya.

Dengan pemupukan organik padat dan cair akar tanaman rosella menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang hama penyakit .
Teh herbal rosella warnanya lebih merah sehingga lebih berhasiat dan dapat digunakan secara berulangkali dalam satu gelas (teh rosella kering).

“Memang tidak ada ruginya memi­lih mengembangkan teh rosella sebagai salahsatu sumber mata pencaharian petani.’ Saya sendiri seorang ASN tertarik mem­budidayakan teh untuk kesehatan, karena sangat prospektif sekali dimasa yang akan dating,” tutur Muchtar.

Pengembangan budidaya tanaman rosella mampu meningkatkan pendapatan keluarga sekaligus sumber penghasilan utama.
Ia mengaku selama ini sudah banyak menjual hasil perkebunan rosella ke Jakarta, Lampung, Yogyakarta dan daerah sekitar Semarang.
Penjualan produk itu tidak hanya teh rosella (bunga pohon rosella), namun juga biji rosella yang dapat digunakan seba­gai bahan campuran kopi bubuk yang mempunyai khasiat sangat baik untuk kesehatan.

Khasiat teh herbal rossela yakni meningkatkan stamina, daya tahan tubuh, menormalkan kadar gula darah, asam urat dan kolesterol dalam tubuh.

Teh Rosella juga baik bagi perokok karena dapat mengurangi dampak negatif dari nikotin serta dapat membasmi virus TBC dan mencegah kanker.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini