Pengiriman pupuk organik Bokashi Kotaku kepada petani cengkeh Banjar Celagi, Desa Unggahan, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng

Petani cengkeh di Kabupaten Buleleng, daerah pesisir utara Pulau Bali secara serempak mulai menyiapkan pupuk organik padat Bokashi Kotaku untuk keperluan pemupukan tanaman pasca panen, meskipun panen raya baru akan berlangsung bulan Juni-Agustus 2023.

Sebagian besar petani di daerah penghasil utama komoditas cengkeh di Provinsi Bali sudah mulai menyiapkan pupuk organik seperti yang dilakukan oleh petani Gede Heru, sosok pria enerjik yang rajin, kreatif dan pekerja keras.

Gede Heru sosok petani sukses di Banjar Celagi, Desa Unggahan, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng telah mempersiapkan pupuk organik padat Bokashi Kotaku Produksi PT Songgolangit Persada sebanyak 7.350 kilogram atau 245 zak karena setiap kemasan berisi 30 kg untuk memupuk tanaman cengkeh seluas dua hektar.

Kadek Wirawan, supervisi pupuk organik Bokashi Kotaku di Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan mengatakan, petani di kawasan Desa Unggahan memang beda dengan petani di daerah lainnya.

“Desa Unggahan memiliki lahan perkebunan terasering dengan medan cukup terjal (ekstrim) yang hanya bisa dilalui menggunakan sepeda motor. Jadi saat musim panen, tenaga petik cengkeh yang akan mengangkut pupuk tersebut hingga sampai kesetiap pohon cengkeh” ujar pria enerjik tersebut.

Manfaat yang diperoleh dengan menggunakan pupuk organik Bokashi Kotaku yaitu, dapat memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah, meningkatkan kandungan material organik tanah, mampu mengurangi kepadatan tanah, dapat mempermudah masuknya air ke dalam tanah, meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil pertanian.

Pupuk organik padat Bokashi Kotaku yang diproses dengan teknologi Effective Microorganisms (EM) dari Jepang mampu menjaga dan meningkatkan kesuburan lahan yang cocok untuk semua jenis komoditas tanaman pertanian, perkebunan dan hortikultura.

Tanah merupakan salah satu faktor yang menentukan pertumbuhan tanaman. Alternatif yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kualitas tanah yang baik dan subur adalah menggunakan pupuk organik, sehingga produk tanaman cengkeh meningkat.

Pupuk organik sentuhan EM selaras dengan sistem pertanian berkelanjutan. Pupuk organik merupakan bahan yang penting dalam upaya memperbaiki kesuburan tanah.

Penggunaan pupuk organik bokashi kotaku dapat meningkatkan keragaman dan populasi mikroorganisme menguntungkan dalam tanah, sekaligus mampu meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, kualitas dan kuantitas produksi tanaman secara berkelanjutan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini