Terobosan Kembangkan Teknologi EM di Indonesia

0
84
Staf Ahli PT. Songgolangit Persada Ir. I Gusti Ketut Riksa dalam sebuah aktivitas.

Direktur Utama PT Songgolangit Persada Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr melakukan terobosan dalam mengembangkan teknologi Effective Microorganisms 4 (EM4) di Indonesia, memang dapat diacungi jempol. “Berbagai produk olahan terus diproduksi dan dipasarkan kepada konsumen dan masyarakat luas di dalam maupun di luar negeri,” tutur Staf Ahli Perusahaan tersebut, Ir. I Gusti Ketut Riksa yang juga Instruktur EM4 pada Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali.

Ia mengatakan, semua produk bernilai ekonomis tinggi itu dibuat menggunakan teknologi EM, sebuah teknologi yang multi guna. Salah satu produk unggulan Pak Oles yang paling terkenal yang menjadi obat keluarga masyarakat Indonesia yakni Minyak Oles Bokashi untuk kesehatan.

Produk lain yang masih mengusung nama bokashi yang cukup laris adalah Bokashi Care aroma terapi, Balsem Bokashi, Minyak Tetes Bokashi dan Madu Geruh Bokashi. Demikian pula produk lain yang masih mengusung nama bokashi yakni pupuk organik padat Bokashi Kotaku dari bahan baku berupa sampah organik, limbah organik rumah tangga dan kotoran hewan yang difermentasi dengan EM4.
Pupuk Bokashi Kotaku dengan pabrik yang produksinya di Desa Bantas, Kabupaten Tabanan, Bali telah dikenal konsumen dan masyarakat secara meluas, bahkan di pasaran bersaing mengguguli pupuk organik lainnya.

Pupuk organik padat Bokashi Kotaku yang diproses dengan teknologi EM dari Jepang mampu menjaga dan meningkatkan kesuburan lahan yang cocok untuk semua jenis komoditas tanaman pertanian, perkebunan dan hortikultura. Tanah merupakan salah satu faktor yang menentukan pertumbuhan tanaman, tanah yang subur adalah memiliki sifat fisik, kimia dan biologis yang mendukung pertumbuhan dan produksi tanaman, berkat adanya beragam kandungan dalam tanah.

Alternatif yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kualitas tanah yang baik dan subur adalah menggunakan pupuk organik, sehingga produktivitas padi maupun jenis komoditas lainnya meningkat. Pupuk organik sentuhan EM4 selaras dengan sistem pertanian berkelanjutan. Pupuk organik merupakan bahan yang penting dalam upaya memperbaiki kesuburan tanah.

Jerami padi mengandung bahan organik yang baik untuk kesuburan tanah. Demikian juga rerumputan yang dipotong dari lahan sawah maupun kotoran hewan sangat baik untuk bahan pupuk organik.

Bahan-bahan organik tersebut dapat dimanfaatkan sebagai campuran ditambah EM4 produksi PT Songgolangit Persada dalam membuat pupuk bokashi yang difermentasi dengan EM4 selama seminggu. Penggunaan pupuk organik bokashi dapat meningkatkan keragaman dan populasi mikroorganisme menguntungkan dalam tanah, sekaligus mampu meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, kualitas dan kuantitas produksi tanaman secara berkelanjutan, kata Gusti Riksa.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini